Rabu, 23 November 2011

manajemen

A.        DEFINISI MANAJEMEN
Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno   ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
dari pengertian Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat di lihat menurut :
1.            (Menurut Haiman) Manajemen adalah utuk mencapai    suatu tujuan melalui kegiatan orang lain , mengawasi usaha-usaha yang di lakukan individu untuk mencapai tujuan.
2.            (Encylopedia of the social science) manajemen adalah suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu di laksanakan da di awasi.
3.            (georgy R. Terry) Manajemen adalah cara pencapaian tujuan yang telah di tentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.

Manajemen suatu kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatru tujuan bersama.


Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang di sebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut manajer.
Manajemen sebagai suatu ilmu dan seni, melihat bagaimana aktivitas manajemen di hubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen.
Pengertian manajemen sebagai suatu ilmu dan seni dari :
1.   Chaster I Bernard dalam bukunya yang berjudul The function of the execustive, bahwa manajemen yaitu seni dan ilmu, juga HenryFayol, Alfin Brown Harold,koontz cyril O’donel dan Geroge R terry.
2.   Marry parker follett menyatakan bahwa manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
Dari definisi di atas dapat di kesimpulkan bahwa manajemen yaitu koordinasi semua sumber daya melalui proses pencernaan, pengorganisasian, penetapantenaga kerja, pengaruh dan pengawasan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan terlebih dahulu.

B.               MANAJEMEN SEBAGAI ILMU DAN SENI
Manajemen merupakan suatu ilmu dan seni, mengapa di sebut demikian,  sebab antarakeduanya tidak bisa di pisahkan. Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan, karena telah di pelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Hal ini di karenakan di dalamnya menjelaskan tentang gejala-gejala manajemen, gejala-gejala ini lalu di teliti dengan menggunakan metode ilmiah yang di rumuskan dalam bentuk prinsip-prinsip yang di wujudkan dalam bentuk suatu teori.
Sedang manajemen sebagai suatu seni, di sini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan di perlukan kerja sama dengan orang lain.
Dan pada hakekatnya kegiatan manusia pada umumnya adalah managing (mengatur), untuk mengatur di sini d perlukan suatu seni, bagaimana orang lain melakukan pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.

C.               FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
1.   Forecasting (ramalan) yaitu kegiatan meramalkan, memprooyeksikan terhadap kemungkinan yang terjadi bila sesuatu di kerjakan.
2.   Planning (perencanaan) yaitu penentuan serangkaian tindakan dan kegiatan untuk mencapai hasil yang di harapkan.
3.   Organizing (organisasi) yaitu pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan, termasuk dalam hal ini penetapan susunan organisasi, tugas dan fungsinya.
4.   Leading yaitu pekerjaan manajer untuk meminta orang lain agar bertinak sesuai dengan tujuan yang telah d tetapkan.
5.   Reporting (pelaporan) yaitu penyampaian hasil kegiatan baik secara tertulis maupun lisan.
6.   Controlling (pengawasan) yaitu penemuan dan penerapan cara dan peralatan untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
7.   Motivating (motivasi) yaitu pemberian semangat, inspirasi dan dorongan kepada bawahan agar mengerjakan egiatan yang telah di tetapkan secara sukarela.

D.              PEMECAHAN MASALAH (SOLVE PROBLEM)
·       Siapa yang sebenarnya membutuhkan manajemen ? mengapa manajemen harus ada ?
Jawab:
Manajemen di butuhkan dan di perlukan untuk semua tipe kegiatan yang di organisir dan dalam semua bentuk kegiatan organisasi, dimana ada orang bekerja sama di dalam mencapai suatu tujuan disitulah manajemen di butuhkan dan di perlukan. Macam bentuk organisasi sebenarnya sama dalam menjalankan manajemennya (dalam hal ini fungsi manajemen), karena fungsi manajemen sifatnya adalah universal, sama baik untuk perusahaan kecil, besar maupun multinasional dan lain sebagainya.
Perusahaan dapat di padang sebagai suatu sistem kerja sama, dan kerja sama, dan kerja sama ini ada karena orang secara pribadi tidak dapat mencapai tujuan yang di tentukan semula, tujuan ini dapat tercapai hanya bila dengan kerja sama, karena hasil yang di capai lebih besar di bandingkan bvila di lakukan secara individu.
Ada tiga hal penting mengapa manajemen di perlukan :
a.   Tujuan yang hendak di capai baik tujuan organisasi maupun tujuan pribadi.
b.   Mengembangkan antar tujuan yang berbeda dan saling bertentangan, sepertikepentingan organisasi, perbankan, pelanggan, konsumen, seriakt pekerja, asosiasidagang, masyarakat dan pemerintahan.
c.    Mencapai efisiensi dan efektivitas dalam pencapaian tujuan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar